cover
Contact Name
Khaeroni
Contact Email
khaeroni@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
gut.windarsih@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
ISSN : 20861362     EISSN : 26232685     DOI : -
Core Subject : Education,
ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April 2014.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016" : 10 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Energi dan Perubahannya Siti Aminah; Mansur Mansur
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.183 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya di kelas IV SDN Sepatan V. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran IPA guru masih menggunakan metode atau model pembelajaran yang konvensional. Model Children Learning In Science (CLIS) suatu pembelajaran yang menciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa dalam kegiatan pengamatan dan percobaan dengan menggunakan LKS. Model pembelajaran CLIS juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model dari Kemmis dan MC. Taggar dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik yaitu dari nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 45, dengan persentase ketuntasan 16,21%, kemudian pada siklus 1 nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 60,62 dengan persentase ketuntasan 45,71% dan padasiklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 78,56 dengan persentase ketuntasan 91,89%.
Kemampuan Mahasiswa Calon Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menerapkan Pembelajaran Terpadu Juhji Juhji
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.764 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan calon pendidik madrasah ibtidaiyah (mahasiswa) dalam menerapkan pembelajaran terpadu di madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis RPP dan lembar penilaian proses pembelajaran terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan (keterampilan) mahasiswa calon pendidik madrasah ibtidaiyah dalam menerapkan pembelajaran terpadu sebesar 77% berkategori baik, dengan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran sebesar 76.6% (baik), keterampilan menjelaskan konsep, prinsip, dan prosedur dalam pembelajaran terpadu sebesar 78.4% (sangat baik), keterampilan melaksanakan pembelajaran sesuai rancangan yang telah disusun sebesar 79.0% (sangat baik), keterampilan menggunakan alat, media, dan sumber belajar sebesar 80.0% (sangat baik), keterampilan bertanya (berkomunikasi) sebesar 77.9% (sangat baik), keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran sebesar 75.6% (baik), keterampilan mengelola kelas sebesar 75.3% (baik), dan keterampilan mengevaluasi sebesar 75.6% (baik).
Penigkatan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Melalui Metode Eksperimen Wiwi Widia; Wida Rachmiati
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.693 KB)

Abstract

IPA merupakan salah satu pelajaran wajib yang terdapat di seluruh jenjang pendidikan terutama pada tingkat pendidikan dasar dan memiliki berbagai macam kesulitan serta tantangan dalam pemahamannya. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh beberapa Sekolah Dasar adalah Masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada konsep gaya serta belum maksimalnya guru dalam membimbing dan menggali kemampuan individu siswa menjadi beberapa permasalahan yang di penelitian ini dan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan tindakan ini, didapatkan hasil yang menunjukkan pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata pada siklus I (60,65) dan siklus II (80,22). Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 60,87% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep gaya.
Keterampilan Membaca Imas Mastoah
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.755 KB)

Abstract

Abad modern ini menuntut kemampuan membaca dan menulis yang memadai, sehingga bahasa indonesia dituntut untuk memosisikan dirinya sebagai bangsa yang berbudaya baca tulis. Untuk itu diperlukan upaya pengembangan baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal. Kita harus menyadari benar bahwa membaca mempunyai peranan sosial yang amat penting dalam kehidupan manusia sepanjang masa, seperti halnya membaca itu merupakan suatu alat komunikasi yang sangat diperlukan dalam suatu masyarakat yang berbudaya. Tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperolehinformasi, mencakup isi, memahami makna bacaan. Haruslah disadari benar bahwa orang yang tidak ingin maju yang tidak menyediakan waktu untu membaca dalam hidupnya. Usaha yang paling efesien untuk mengetahui segala kejadian penting di dunia modern sekarang ini adalah dengan membaca.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Energi Bunyi Melalui Model Guided Discovery Desi Desi; M. Rifqi Rijal
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.708 KB)

Abstract

Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu mempelajari dan memahami akan alam sekitar secara ilmiah, serta karakteristik dalam pembelajarannya. Siswa semestinya aktif dan kreatif, oleh karena itu, pembelajaran IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan secara mendalam tentang alam sekitar, tidak demikian halnya yang terjadi pada pembelajaran IPA di SDN Ciwajik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi penerapan model guided discovery dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas III SDN Ciwajik, selain itu juga untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas.Pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan setiap siklusnya terdiri atas rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data aktivitas siswa, data aktivitas guru data hasil tes evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Ciwajik.
Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Sobri Sobri; Khaeroni Khaeroni
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.517 KB)

Abstract

Sering dijumpai siswa yang tidak tuntas pada suatu materi tertentu bukan karena tidak memahami materi tersebut, melainkan karena tidak menguasai konsep dasar dari materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk membelajarkan konsep dasar matematika menggunakan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan mental siswa. Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan, pembelajaran kontekstual dengan menggunakan alat peragadapat menjembatani pemahaman siswa pada ranah konkret dengan konsep dasar matematika yang bersifat abstrak sehingga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah-masalah di atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penggunaan alat peraga pada pembelajaran dalam peningkatan pemahaman konsep dasar matematika. Selain itu, juga untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dasar matematika dengan penggunaan alat peraga pada pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 Siklus. Terdapat tiga indikator yang dipilih sebagai kriteria pemahaman konsep dasar matematika. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep dasar matematika yang dilihat dari peningkatan keberhasilan pencapaian setiap indikator pemahaman konsep dasar matematika. Dari hasil evaluasi, refleksi, dan perbaikan yang dilakukan pada akhir siklus, diperoleh deskripsi penggunaan alat peraga dalam tiga langkah, yaitu 1) Guru mendemonstrasikan langkah penggunaan alat peraga secara perlahan dan mendetail untuk menjelaskan konsep dasar matematika disertai dengan contoh soal dan bagaimana menyelesaikan soal tersebut dengan menggunakan alat peraga; 2) Beberapa orang siswa diminta maju ke depan untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan alat peraga yang sama. Proses ini perlu dilakukan lebih dari sekali; dan 3) Alat peraga digunakan secara berpasangandi dalam kelompok dengan didampingi guru.
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Pemerintahan Pusat Melalui Model Mind Mapping Dita Anggraeni Putri; Akrom Akrom
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.299 KB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang sesuai antara model pembelajaran dengan materi pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi yang menyebabkan hasil belajar yang rendah pada siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pertama, Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk pelajaran PKn sangat diminati siswa dan mampu meningkatkan pemikiran siswa untuk menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 40 dengan persentase 20%, pada sikus I yaitu 55 dengan persentase 55%, dan pada siklus II meningkat yaitu 78 dengan persentase 85%. Sedangkan untuk aktivitas guru didapatkan persentase pada siklus I, yaitu 75% mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 97,91%. Proses pembelajaran melalui model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran PKn kelas IV pada materi sistem pemerintahan pusat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mengubah Bentuk Pecahan Nia Husniah; Asep Saefurohman
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.422 KB)

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan pasti (eksakta) yang berhubungan dengan bilangan yang bersifat abstrak. Sebagian besar siswa menganggap matematika itu mata pelajaran yang sulit dan minat siswa terhadap matematika masih kurang. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran matematika baik guru atau pun siswa banyak mengalami kesulitan yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di beberapa SD terutama materi mengubah bentuk pecahan, peneliti menggunakan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 66,67% dengan persentase ketuntasan 69,69%, dan siklus II nilai rata-rata mencapai 70,91 dengan persentase ketuntasan 81,81%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran matematika pokok bahasan mengubah bentuk pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Pada Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Tiara Ambarwati; Birru Muqdamien
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.4 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa pada pelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang di kelas V SDN Banjar Sari 2. Hal ini disebabkan bahwasannya dalam proses pembelajaran guru sudah menerapkan metode atau media yang digunakan tetapi belum maksimal. Sehingga siswa belum dapat menerima materi yang diberikan, kemudian dari siswa itu sendiri kurang mempunyai rasa semangat belajar, dan kurangnya mengulang materi yang sudah diajarkan pada saat dirumah. Maka dari itu hasil belajar siswa selalu tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang pada pelajaran matematika menggunakan pendekatan openended. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktifitas siswa yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase keaktifan siswa yaitu 52,51%, lalu terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase keaktifan siswa sebesar 80,63%. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pra silkus sebesar 60,00 dengan persentase ketuntasan 50%, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 69,70 dengan persentase ketuntasan 59,37% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,05 dengan persentase ketuntasan 81,25%.
Analisis Pemanfaatan Prezi Desktop Sebagai Media Pembelajaran di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Eko Wahyu Wibowo
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 8 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.232 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pemanfaatan Prezi Desktop sebagai media pembelajaran di IAIN SMH Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen di IAIN SMH Banten. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling incidental. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh 32 orang dosen IAIN SMH Banten dari semua fakultas yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) media presentasi Prezi Desktop belum banyak dikenal oleh dosen di IAIN SMH, b) Proses instalasi aplikasi prezi desktop yang membutuhkan koneksi internet dana akun yang terdaftar pada situs prezi.com, c) Ukuran file yang cukup besar jika dibandingkan dengan media presentasi PowerPoint, d) Tersedia aplikasi prezi desktop versi trial dengan limit waktu 30 hari, e) Bagi yang baru menggunakan prezi desktop butuh kesabaran dalam membuat presentasi karena aplikasi ini agak berbeda dengan media presentasi Power Point.

Page 1 of 1 | Total Record : 10